Translate

Sabtu, 19 September 2015

Cara Belajar Ampuh

Duuuuuhhhh mid udah deket nih. Belajar nih harus belajar, biar nilai di rapor ga malu maluin. Duh malah pas buka buku ga ngerti, akhirnya nunda nunda sampe pas mid, Eh malah belajar SKS (Sistem Kebut Semalam) padahal ya teman teman, belajar dengan SKS ga bakal masuk ke otak. Tapi gimana pas misalnya kita tiba tiba ulangan mendadak atau mid udah deket tapi jadwal tambah padet trus nilai ulangan ama mid kita itu bagus (red: tanpa contek menyontek)

1. Selalu mengulang pelajaran sepulang sekolah.
Aku tahu, pas kalian pulang pasti bilngnya, "aduh mah aku cape, belajarnya nanti ya." sampe akhirnya lupa akan kewajiban kalian sebagai pelajar yaitu belajar. Tapi coba deh kalian habis pulang sekolah itu buka dulu tas kalian, habis itu cek pr dulu ada atau engga? kalau ada kerjain. kalau engga ulang lagi pelajaran tadi. oh iya 1 pengertian yang wajib kalian tahu MENGERJAKAN PR BUKANLAH BELAJAR itu yang wajib kalian camkan. habis ngerjain pr, buka lagi pelajaran tadi. kalo ada yng ga paham coba pelajari lagi, kalo udah susun buku. Trus kalo bisa malam itu kalian udah nyiapin seragam dll dan coba baca kira2 yang dipelajari besok.

2. Selalu mengerjakan pr
walaupun dalam point diatas tertulis mengerjakan pr bukanlah belajar, tapi mengerjakan pr bisa menambah ilmu juga walau tak sebesar belajar. begini, coba kalian baca ulang soalnya barangkali guru kalian itu guru yg emejing memberikan soal ulangan dadakan dari pr kalian. selain itu mengerjakan pr bisa semakin memahamkan kalian dengan materi. (red: bobot pr = bobot latihan)

3. Buat kelompok belajar
buat kelompok belajar adalah sunnah bagi para pelajar. kenapa??? gini deh kalau kalian kesulitan dengan pr atau materi yang kalian pelajari. kalian bisa sharing 1 sama lain, apalagi jika tugas atau materi tersebut mengutamakan opini. bisa saja kalian saling bertukar opini atau matematika, jika sendiri kadang kalian tidak tahu itu benar apa salah. selain itu kelompok belajar bisa melatih kerja sama kalian (red: bukan dalam ulangan) atau kalian menjadi terbiasa dengan sesuatu yg dikerjakan berkelompok.

4. Latihan soal
seperti yang aku sebut di point ke 2, mengerjakan pr artinya mengerjakan soal atau latihan soal. semakin banyak kita berlatih soal maka kita akan menjadi lebih paham dengan materi itu atau terbiasa dengan mengerjakan soal. Seperti halnya matematika, malaikat juga tahu, malah nyanyi lagi matematika memiliki berjuta juta rumus yg digunakan untuk soal yg berjenis berbeda. Jika kita sering berlatih soal matematika maka kita akan tambah paham rumus mana yg harus digunakan tidak digunakan.

itu dia 4 tips yg dapat aku sarankan untuk para pelajar dimanapun kamu berada, sekali lagi jangan dengan SKS ya. love you, semoga sukses di medan perang (alias ruang ujian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar